Breaking News

Cara Menghindari Komplikasi Diabetes


Penyakit diabetes umumnya dapat menyebabkan penderita sulit sembuh dari luka, meskipun itu hanya sekedar luka gores. Jika penderita tidak mempercepat penyembuhan luka diabetes, maka mereka berisiko terkena komplikasi seperti infeksi. Bahkan yang lebih parah bisa juga mengalami perawatan medis hingga  amputasi, karena kebanyakan kasus yang parah biasanya timbul pada kaki.
Apa Yang Bisa Dilakukan Untuk Menghindari Komplikasi?

1. Menurunkan berat badan
Penderita diabetes umumnya harus menjaga pola makan dan berat badan mereka supaya tetap ideal. Karena berat badan yang sehat akan membantu penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula darah tubuh tetap normal. Maka dari itu penderita diabetes yang memiliki kelebihan berat badan dianjurkan untuk mencoba beberapa olahraga atau latihan ringan yang sesuai kemampuan.

2. Memeriksa kadar gula darah secara rutin
Mulai dari pola makan yang salah hingga kondisi pikiran yang stres, umumnya dapat meningkatkan kadar gula darah pada tubuh. Untuk itu, penderita diabetes dianjurkan agar lebih hati-hati. Jika memungkinkan maka lebih baik untuk memeriksa kadar gula darah setidaknya dua kali sehari. Jadi penderita bisa mengontrol dengan menuliskan beberapa aktivitas yang memengaruhi kadar tersebut.

3. Melacak jejak karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber utama glukosa yang harus dikurangi atau dikontrol bagi penderita diabetes, terutama agar kadar gula darah mereka tidak naik. Para penderita diabetes harus pintar dalam mengelola asupan karbohidrat (termasuk nasi, sayur, atau makanan lainnya). Caranya bisa dengan membuat berapa banyak daftar karbohidrat yang diperlukan dan seberapa sering dikonsumsi.

4. Menghindari stres
Stres yang berlebihan umumnya dapat meningkatkan kadar glukosa atau gula darah dalam tubuh. Untuk itu penderita diabetes dianjurkan supaya bisa mengelola stres mereka dengan baik. Mereka bisa mencoba untuk meditasi, latihan yoga, atau duduk diam selama 15 menit. Karena menenangkan pikiran merupakan cara atau obat untuk mempercepat penyembuhan luka yang paling baik.

5. Olahraga teratur
Menjaga tubuh tetap aktif dengan olahraga pada dasarnya dapat menjernihkan pikiran, mengurangi stres, serta dapat mengontrol tekanan darah dan juga kolesterol. Bahkan orang yang rajin berolahraga juga dapat mempertahankan berat badan mereka tetap ideal. Jadi untuk penderita diabetes yang tidak ingin kadar glukosa mereka naik maka cobalah untuk olahraga ringan setiap hari.

Tidak ada komentar