Breaking News

Tips Memilih Sabun Cuci Botol Bayi yang Aman


Untuk menjaga kesehatan si kecil, botol atau dot yang digunakan harus selalu steril. Karenanya, Ibu akan membutuhkan sabun botol susu bayi untuk membersihkannya. Banyak produk sabun pencuci botol bayi yang dijual dipasaran. Mungkin banyak Ibu yang bingung untuk memilih produk sabun pencuci botol yang akan digunakan.

Dalam pemilihan produk sabun pencuci botol, banyak faktor yang harus dijadikan pertimbangan. Jangan sampai Ibu salah memilih produk, karena bisa berdampak pada kesehatan si kecil. Berikut ini adalah tips ketika memilih sabun botol bayi.

Tips Memilih Sabun Botol Bayi

1. Cek komposisi bahan
Umumnya produk sabun botol bayi mengandung surfaktan yang rendah. Surfaktan sendiri bisa berasal dari bahan kimia dan bahan alami. Untuk surfaktan bahan kimia seperti sulfuric acid atau sulfonic acid cenderung sulit untuk dibilas, sehingga meninggalkan residu. Bahan lain yang perlu dihindari adalah stabilizing agent, metal sequestrants dan sebagainya.

2. Pilih berdasarkan jenis kemasan
Ada 2 jenis kemasan sabun pencuci botol, yaitu push type dan spray type. Dengan menggunakan yang berbentuk push type akan memudahkan Ibu dalam menakar dan mengontrol jumlah sabun yang akan digunakan. Untuk produk berbentuk spray lebih mudah penggunaannya dan ekonomis. 

3. Agar lebih steril kombinasikan dengan disinfektan
Ibu bisa menggunakan cairan disinfektan setelah mencuci botol susu bayi. Karena tidak semua sabun pencuci botol bayi mengandung disinfektan. Cara menggunakan disinfektan sangat mudah, tinggal dilarutkan dalam air. Kemudian rendam botol di dalam cairan disinfektan selama 10 menit sampai 1 jam.

4. Cek kemampuan produk dalam menghasilkan busa
Biasanya produk yang menghasilkan banyak busa menggunakan bahan kimia yang berlebih. Karenanya, pastikan bilas dengan bersih dan jangan sampai meninggalkan residu. Akan berbahaya jika sampai tertelan bayi. Untuk mencari jalan aman, pilih produk sabun botol yang menghasilkan sedikit busa.

Itulah tips untuk memilih sabun botol susu bayi, semoga bisa membantu Ibu dalam memberikan yang terbaik untuk si kecil. Jika muncul bau tak sedap dari botol si kecil, Ibu bisa melihat tips untuk mengatasinya di https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/tips-mengatasi-bau-pada-botol-susu-bayi

Tidak ada komentar