Breaking News

Sejarah dan Resep Kue Mangkok

Indonesia memang sangat terkenal akan wisata kulinernya, tidak sedikit wisatawan-wisatawan dari mancanegara mencari kuliner tradisiona yang ad adi indonesia. tapi tidak jarang juga kita sendiri sebagai warga Indonesia, jika kita bepergian ke beberapa kota tertentu kita ingin mencoba beberapa kuliner khas daerah tersebut dan tidak jarang menjadikannya sebagai buah tangan. Salah satu makanan yang menjadi wisata kuliner di Indonesia yaitu jajanan pasar seperti kue basah, kita pasti sudah tidak asing dengan kue kue basah khas Indonesia. salah satu kue basah yang pastinya sudah kita cicipin dan sudah tidak asing untuk kebanyakan orang Indonesia yaitu adalah kue mangkok. kalian pasti masih ingat dong dengan kue yang satu ini? mungkin untuk sebagian anak muda zaman sekarang ini jajanan pasar tradisional seperti kue mangkok masih terdengar asing, atau mungkin beberapa ada yang tahu dan suka sama jajanan tradisional Indonesia. kalo orang Indonesia zaman dulu sih pasti tahu banget dengan jajanan-jajanan tradisional Indonesia kaya kue mangkok ini, dan pastinya saat membaca artikel ini merea akan bernostalgia sambil ngiler ngebayangin kue mangkok yang manis dan lezat. Untuk kalian yang sudah tahu akan kue mangkok ini kalian pasti akan teringat bentuk kuenya yang lucu, dari namanya saja kue mangkok karena memang kue basah yang satu ini berbentuk seperti mangkok kalo di luar negeri sih sering dibilang “cupcake” hanya saja, kalo ini cupcake versi local dnegan cita rasa yang unik dan pastinya nendang banget di lidah.

Sebenarnya kue mangkok ini bukan asi dari Indonesia loh, kue mangkok ini merupakan salah satu kuliner tiongkok, lebih tepatnya berasal dari tiongkok selatan. Indonesia memang memiliki beberapa kuliner yang berasal dari china dan salah satunya adalah kue mangkok yang dibawa dari tiongkok ke Indonesia oleh para pedagang pada zaman dahulu. Di tiongko sendiri kue mangkok memiliki nama “fak kaw” dan perlu kalian tahu, meskipun bentuk dari kue fak kaw dan kue mangkok sama tetapi rasa adri kedua kue ini berbeda loh. karena kue mangkok sudah di sesuaikan dengan cita rasa lidah dari orang Indonesia.

Di Indonesia, kue yang satu ini adalah kue favorit. rasanya manis dan gurih. Dan warnanya juga warna-warni membuat orang Indonesia sangat menyukai kue ini. buat kalian yang kangen kue mangkok, kaian buat sendiri dirumah yuk! Resep dan cara pembuatan bisa dilihat dibawah!

Bahan I: 35 gram tepung kue, 65 ml air hangat, 2 sendok teh ragi instan 

Bahan II: 150 gram tepung beras, 25 gram tepung jagung, 75 gram tepung protein rendah, 150 gram Tape halus(Cassava Permentation), 1 butir telur, 1/4 sendok teh garam, 225 gram gula, 200 ml susu hangat, 1/4 santan, 4 tetes pewarna merah muda, warna hijau (warna lain yang Anda suka) 
Cara Membuat :
  • Campur Semua Bahan I. Aduk rata. Diamkan 30 menit.
  • Bahan II: Campur tepung beras, tepung jagung, tepung terigu, dan Tape.
  • Campur Dengan Bahan II. Tambahkan garam dan gula.
  • Tuang sedikit susu hangat sambil dikocok rata-rata 20 menit. Diamkan 90 menit. Untuk bagian kedua.
  • Satu bagian tambahkan warna pink. Satu bagian lagi tambahkan hijau. Aduk rata.
  • Panaskan cetakan kue 10 menit dengan api besar. Tuang adonan merah muda atau hijau (terserah Anda atau Anda bisa mencampur satu lapisan merah muda, satu lapisan hijau) hingga penuh.
  • Dan kukus panas tinggi 15 menit sampai matang
  • sajikan dengan teh hangat.


Tidak ada komentar