Breaking News

Macam-macam Gambar Perspektif yang Harus Anda Ketahui


Gambar perspektif merupakan sebuah gambar yang dibuat sesuai dengan pandangan mata manusia. Dalam hal ini biasanya mata manusia melihat objek benda semakin jauh akan semakin kecil sehingga ini membuat gambar yang dihasilkan menjadi terlihat lebih realistis. Dalam hal ini tentunya gambar dibuat sedemikian rupa supaya dalam hal ini  terbentuk objek atau gambar dari besar ke yang kecil yaitu dengan menggunakan satu titik hilang, kemudian dua titik hilang atau tiga titik hilang.

Nah ini ada 3 sudut pandang yang tentu saja dalam hal ini bisa Anda lihat dari posisi mata kita yang berada dari objek yaitu terdapat pada sudut pandang tinggi, normal dan rendah. Untuk sudut pandang tinggi tentu saja juga sering disebut dengan sudut pandang mata burung yang dalam hal ini seolah-olah kita melihat objek dari atas. Kemudian untuk sudut pandang normal, dalam hal ini Anda seakan-akan melihat objek atau benda yaitu dari posisi biasa yaitu berada dari arah depan. Kemudian yang terakhir yaitu untuk sudut pandang rendah atau sering juga dalam hal ini disebut dengan sudut pandang kucing yang seolah-olah kita dalam hal ini melihat objek berada dari bawah.

Gambar Perspektif
Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi kepada Anda mengenai beberapa macam gambar prespektif, memang pada dasarnya, perspektif satu titik hilang, dua titik hilang, dan tiga titik hilang tersebut dapat dibagi lagi menjadi berbagai sudut pandang yaitu di dasarkan pada posisi mata kita berada. Lebih sederhananya yaitu sudut pandang pandang tersebut dapat dibagi menjadi 3 macam sudut pandang yaitu :

  1. Perspektif dengan sudut pandang normal, sudut pandang normar ini yaitu diri kita dalam hal ini seolah-olah memandang lurus kedepan. 
  2. Perspektif ini yaitu dengan sudut pandang mata burung, untuk sudut pandang mata burung, tentu saja dalam hal ini kita seolah-olah berada di atas dan bisa melihat objek yang berada di bawah.
  3. Perspektif dengan sudut pandang mata kucing. Untuk sudut pandang mata kucing, ini seolah-olah kita berada di dalam posisi tiarap dan kita melihat ke depan sehingga menjadikan penampang objek yang ada di bagian atas akan lebih dominan.

Berikjtnya yaitu gambar prespektif yang dibuat berdasarkan dari kaidah-kaidah obyektif suatu gambar dengan satu titik hilang, dua titik hilang, tiga titik hilang, atau titik hilang yang berada di luar bidang gambar.

1. Gambar perspektif satu titik hilang
Gambar perspektif dengan menggunakan satu titik hilang tersebut terjadi jika  sebuah obyek atau benda tersebut dilihat dengan menggunakan garis pusat pandangan tegak lurus terhadap adanya salah satu permukaannya serta garis-garis vertikal dan horizontal yang sejajar dengan bidang gambar sehingga tetap vertikal dan horizontal. Nah dalam hal ini garis-garis horizontal yang semakin menjauh jika diperpanjang akan menjadi tampak bertemu pada satu titik pusat pandangan. Sebagai contohnya yaitu rel kereta api yang sebenarnya dalam sejajar, namun kemudian akan menjadi tampak seperti bertemu berada di satu titik.

2. Gambar Perspektif Dua Titik Hilang
Gambar perspektif menggunakan dua titik hilang yang berada pada garis horizontal. Dalam hal ini secara teknis hampir sama dengan perspektif satu tititk hilang. Gambar prespektif dua titik hilang ini bisa ditunjukkan jika obyek atau benda tersebut dilihat pada salah satu sudutnya, maka dalam hal ini seolah-olah semua obyek gambar tersebut terfokus pada dua titik yang berada di sebelah kiri dan kanan.

3. Gambar perspektif tiga titik hilang
Berikutnya yaitu dambar perspektif tiga titik hilang akan terjadi kalau obyek atau benda tersebut dilihat dari tempat yang lebih tinggi atau lebih rendah, maka dalam hal ini seolah-olah obyek gambar tersebut tentu saja terfokus pada tiga titik yang berada di sebelah kirim kanan, bawah atau pada bagian atas.

Itulah berbagai macam gambar prespektif yang bisa Anda jadikan sebagai acuan, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar