Breaking News

Ada Banyak Prospek Kerja Menarik Untuk Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi, Mau Pilih Yang Mana?!


Memilih jurusan saat ingin mengikuti kuliah kelas karyawan atau reguler memang cukup sulit, berbagai faktor pendukung saling berbenturan satu sama lain. Alhasil, banyak mahasiswa yang bahkan sudah masuk masa perkuliahan masih kebingungan dan kurang termotivasi dengan jurusan yang dipilihnya.

Saat ini, faktor terbaik untuk memilih jurusan yakni dengan melihat prospek kerjanya di masa depan. Pasalnya, bekerja menjadi sesuatu hal yang pasti dilakukan setelah lulus nanti. Bagi anak jurusan Ilmu Ekonomi, ada banyak prospek kerja menarik yang menanti diantaranya:

Juru taksir
Sebutan lain juga taksir adalah appraiser, jenis profesi ini memiliki tugas untuk menentukan nilai sesungguhnya dari sebuah properti. Bukan hanya properti saja, seorang juru taksir juga memiliki tugas dalam menetapkan pajak dari properti yang dimaksud. Biasanya propos yg satu ini amat dibutuhkan di berbagai perusahaan, terutama jenis perusahaan yang menawarkan jasa gadai barang.

Pemeriksa Keuangan
Mungkin beberapa orang mengira profesi satu ini sama dengan akuntan, namun pemeriksa Keuangan memiliki tugas yang berbeda. Jika seorang akuntan memiliki tugas untuk menyusun laporan keuangan, seorang pemeriksa keuangan memiliki tugas untuk memeriksa serta memastikan sebuah transaksi maupun dokumentasi keuangan apakah telah sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku. 

Peraturan jenis-jenis berlaku untuk semua lembaga keuangan, transaksi keuangan, real estate, dan sekuritas. Bidang pekerjaan satu ini membutuhkan ketelitian.

Analis Riset Operasional
Mahasiswa yang kuliah blended learning jurusan ekonomi memiliki peluang yang besar untuk menjadi seorang analis riset operasional. Profesi yang banyak dibutuhkan perusahaan, tugasnya sendiri adalah untuk melakukan riset atau analisis penggunaan membantu manajemen dalam pengambilan kebijakan. Profesi yang satu ini masuk kategori penting untuk sebuah perusahaan, karena berhubungan dengan pengambilan keputusan untuk menentukan Jalan operasional perusahaan ke depan.

Pengajar Bisnis
Selain bekerja di sebuah perusahaan, menggeluti profesi tertentu dengan gaji yang besar, alumni jurusan ekonomi memiliki peluang untuk menjadi seorang pengajar. Bidang ilmu yang diajar tentunya perihal bisnis, baik di instansi formal maupun nonformal. Untuk topiknya sendiri umumnya adalah perihal akuntansi, keuangan, manajemen SDM, serta pemasaran. 

Profesi yang satu ini tentunya sangat cocok bagi mereka yang ingin menjadi seorang pengajar, namun juga sangat tertarik dengan masalah ekonomi yang ada. Meski dipandang sebelah mata, namun saat ini profesi pengajar banyak dibutuhkan di setiap wilayah.

Ekonom
Mahasiswa yang mengambil kuliah kelas karyawan jurusan ilmu ekonomi tentu bisa menjadi Seorang ekonom. Seorang ekonom bertugas untuk melakukan penelitian, sebuah kegiatan guna memecahkan sebuah masalah ekonomi yang ada. 

Karena bertugas dalam bidang penelitian, biasanya profesi satu ini tidak jauh dari hal akademis. Ada banyak profesi di bidang ekonom, salah satunya sebagai analis ekonom atau pun menjadi profesor di bidang ekonomi tentunya. 

Analis Manajemen Bisnis
Seorang analis manajemen bisnis memiliki tugas untuk menganalisa prosedur, desain sistem operasional, dan juga sistem lainnya yang berhubungan di sebuah perusahaan / instansi. Kegiatan analisis dilakukan agar perusahaan itu dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif ke depannya. 

Ada banyak jenis profesi yang berhubungan dengan analisis manajemen bisnis, di antaranya konsultasi manajemen, analisa program, maupun analisis bisnis. Kisaran gaji untuk proposal satunya juga terbilang menggiurkan.

Pegawai pajak
Tidak sedikit orang yang ingin berprofesi sebagai pegawai pajak, pasalnya profesi satu ini menawarkan gaji yang cukup besar. orang yang memiliki keahlian dalam perpajakan banyak dibutuhkan oleh perusahaan, bukan hanya perusahaan pajak saja namun juga perusahaan biasa. Tugasnya sendiri yakni berkaitan dengan pajak, mulai dari memastikan pengisian dengan benar sampai pada menghitung besarnya pajak yang harus dibayarkan (dibebankan pada wajib pajak).

Auditor
Jenis profesi satu ini hampir sama dengan akuntan, hanya saja profesi auditor lebih kepada bertugas menganalisis laporan keuangan. Tujuan analisis tersebut dilakukan untuk mengambil kesimpulan, apakah keuangan yang ada di sebuah perusahaan terbilang wajar atau tidak. Untuk menjadi seorang auditor, diperlukan titel pendidikan atau ijazah formal. Untuk mendapatkan ijazah, bisa mengikuti kuliah reguler atau blended learning jurusan ekonomi.

Akuntan
Profesi yang satu ini pasti sudah tidak asing di telinga masyarakat, merupakan salah satu profesi dari cabang ilmu ekonomi (akuntansi). Orang yang menggeluti profesi ini disebut akuntan, memiliki tugas untuk membuat laporan keuangan serta analisis informasi keuangan sebuah perusahaan/instansi. 

Profesi yang satu ini banyak dibutuhkan, pasalnya hampir semua perusahaan membutuhkan jasa seorang akuntan. Prospek akuntan menjadi salah satu prospek paling menjanjikan untuk jurusan ekonomi, khususnya memilih jurusan akuntansi.

Bukan hanya bekerja di sebuah perusahaan, bagi yang melanjutkan kuliah kelas karyawan di jurusan ekonomi juga bisa menjadi seorang pengusaha. Berbekal dengan pengetahuan ekonomi yang didapatkannya di bangku perkuliahan, membuat bisnis sendiri bukanlah hal yang sulit untuk anak jurusan ini.

Tidak ada komentar