Breaking News

Daftar Pantangan Ibu Hamil 4 Bulan


Hamil merupakan salah satu fase yang sangat ditunggu-tunggu oleh mereka yang menginginkan kehadiran buah hati. Dalam masa kehamilan calon ibu memiliki gejala sendiri-sendiri yang tentunya juga harus dengan perlakuan yang berbeda beda dan bahkan ada juga pantangan yang harus ibu hamil hindari terlebih untuk masa kehamilan 4 bulan. Dalam hal ini ada beberapa Daftar Pantangan Ibu Hamil 4 Bulan berikut ini

1. Makan Telur Mentah

Ini merupakan salah satu dari beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh calon ibu, jika memang menyukai telur sebaiknya digoreng ceplok, didadar, ataupun direbus. Jika ibu biasanya sering menggoreng telur dengan setengah matang maka untuk masa kehamilan 4 bulan ini sebaiknya hindari menyajikan telur setengah matang atau telur mentah. Ini karena telur yang belum matang sempurna bisa saja terdapat kandungan bakteri Salmonella yang bisa membuat ibu hamil bisa mengalami keracunan makanan.

2. Ikan dan Makanan Laut yang Tinggi Merkuri

Kalau bunda suka makanan ikan laut maka sebaiknya hal ini juga benar-benar dipertimbangkan. Memang seperti yang kita ketahui bahwa Ikan atau seafood merupakan salah satu makanan yang kaya zat gizi, dan biasanya ibu hamil menambahkannya ke dalam asupan mereka. Tentunya akan muncul pertanyaan, bolehkah ibu hamil muda mengonsumsi ikan dan makanan laut atau biasa kita kenal seafood?

Memang seafood di rekomendasikan untuk di konsumsi namun terdapat beberapa jenis seafood, seperti ikan predator, yang memiliki kandungan kadar merkuri yang tinggi. Merkuri di sini bisa saja menumpuk pada aliran darah dari waktu ke waktu. Dengan adanya terlalu banyak aliran merkuri di dalam darah bisa saja merusak perkembangan otak serta syaraf bayi. Maka dari itu sebaiknya Anda jika ingin mengkonsumsi seafood pilih yang tidak memiliki kandungan merkuri tinggi.

3. Daging Mentah

Selain Anda tidak boleh mengkonsumsi telur mentah, daging yang mentah juga tidak boleh ya, jenapa demikian. Jika Anda dalam kondisi hamil mengkonsumsi daging mentah ini bisa  meningkatkan berisiko terkontaminasi parasit toksoplasma. Kalau ini masuk ke tubuh, parasite tersebut pada nantinya akan menyebar ke janin yaitu dengan melalui plasenta dan meningkatkan risiko penyakit toksoplasmosis.

Toksoplasmosis yaitu gangguan Kesehatan yang disebabkan oleh adanya infeksi protozoa Toksoplasma gondii. Dalam hal ini yang menjadi penyebab utamanya yaitu karena makanan, yaitu karena mengkonsumsi daging yang kurang matang serta tercemar parasit, seperti daging kambing, babi, dan rusa.

4. Makanan dan Minuman Beralkohol dan Kafein Tinggi

Orang tidak hamil pun ini sebenarnya tidak boleh apalagi yang lagi hamil, ini merupakan salah satu pantangan yang harus dihindari. Jika Anda mengkonsumsi makanan dan minuman yang beralkohol waktu hamil, maka ini bisa meningkatkan risiko bayi mengalami sindrom alkohol janin atau biasanya disebut dengan fetal alcohol syndrome. Bayi yang mengalami sindrom tersebut akan mempunyai berat badan lahir yang rendah, kemudian bisa jadi mengalami gangguan perilaku dan pastinya untuk tumbuh kembang juga akan terhambat.

Mengkonsumsi minuman yang beralkohol disaat trimester yang pertama kehamilan juga bisa meningkatkan risiko bayi cacat waktu lahir.

Nah itulah beberapa Daftar Pantangan Ibu Hamil 4 Bulan yang sangat penting untuk dihindari. Selain dari keempat pantangan tersebut juga masih ada lagi yang lainnya perlu untuk ibu hindari. Jangan sampai apa yang ibu lakukan pada saat hamil menjadi penyebab anak tumbuh tidak maksimal dikemudian hari. 



Tidak ada komentar