Breaking News

Cara Tepat Mengatasi Perut Kembung pada Bayi


Perut kembung yang terjadi pada bayi memang sering kali membuat bayi menjadi rewel dan sering menangis. Terkadang ini membuat bunda bingung bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi, sebenarnya ibu harus tahu bahwa perut kembung pada bayi ini merupakan hal yang normal terjadi dan akan hilang dengan sendirinya kalau bayi sudah memasuki usia 3 bulan. 

Sebenarnya perut kembung yang terjadi pada bayi ini terjadi karena beberapa hal, seperti pencernaan yang belum sempurna. Di saluran pencernaan bayi ada gas atau udara, hal ini bisa menjadi masalah kalau gas yang ada tersebut terlalu berlebihan karena bisa mengakibatkan masalah perut kembung pada bayi. Namun untuk anak yang lebih besar biasanya akan dengan mudah dikeluarkan, berbeda dengan anak yang masih bayi yang tentunya memerlukan bantuan khusus untuk mengeluarkannya.

Nah, bagaimana sih sebenarnya tanda bayi ini mengalami masalah perut kembung ini?

Biasanya bayi akan rewel dan sering menangis, maka dari itu ibu bisa memeriksakan bayi ke dokter atau memeriksa perutnya terlebih dahulu dirumah sebelum memeriksakan ke dokter. Tandanya yaitu bayi yang mengalami masalah ini umumnya mempunyai perut yang sedikit keras dan sering kali buang angin.

Kemudian bayi juga sering kali rewel dan menangis, dari gerakan si bayi bisa ibu perhatikan. Jika bayi sering melengkungkan punggungnya ke belakang serta mengangkat kedua kakinya, maka ini bisa jadi menjadi tanda bahwa bayi memiliki masalah pada perutnya.

Untuk ibu yang khawatir mengenai kondisi bayi yang kemung, kini kami memiliki beberapa tips untuk ibu.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi
Ini dia beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi yang perlu untuk ibu perhatikan, diantaranya;

1. Bantu bayi untuk bersendawa
Lakukan dengan menggendong bayi, kemudian menepuk-nepuk bagian punggungnya secara halus. Anda lakukan ini kurang lebih selama 2-5 menit, sampai bayi bisa bersendawa. Cara ini tentunya sangat ampuh digunakan untuk mengeluarkan gas yang terdapat di dalam tubuh si bayi yaitu dengan cara bersendawa.

2. Pastikan posisi menyusui yang benar
Bagaimana posisi menyusui yang benar? Posisi yang benar ini yaitu kepala bayi lebih tinggi dari perutnya. Dengan seperti itu maka bayi tidak akan menelan banyak udara serta dapat meminimalisasi udara yang masuk secara berlebih ke dalam tubuh bayi.

3. Tengkurapkan bayi Untuk Mengeluarkan Udara
Ibu bisa memberikan waktu untuk bayi supaya tengkurap dalam beberapa menit, selain ini bisa membantu kemampuan motoric dari bayi tentu saja ini juga bisa mengeluarkan udara yang ada di dalam tubuh bayi, sehingga ini bisa mengurangi adanya resiko perut kembung bayi.
4. Hangatkan bayi
Kalau bayi sudah terlanjur mengalami kembung maka ibu bisa memberikan pakaian ataupun selimut hangat, ini bertujuan untuk membuatnya merasa nyaman. Dengan rasa hangat tersebut akan membantu si bayi mengeluarkan udara yang terdapat di dalam perutnya.

5. Lakukan Pemijatan bayi
Pemijatan pada bayi juga bisa menjadi salah satu untuk mengatasi perut kembung, dalam hal ini ibu bisa menggosok perut bayi secara lembut, dengan melakukan secara berulang-ulang. Supaya bayi merasa nyaman ketikan dipijat maka ibu bisa menggunakan lotion untuk bayi yaitu kuntoem comforting cotton lotion. Ibu bisa menggosokkan pada perut bayi dengan lembut secara berulang dengan ibu menggosokkan maka bisa memberikan efek yang menenangkan, karena kandungan berbahan dasar alami yang terdapat didalamnya.
 
Apa Itu Kuntoem Comforting Cotton Lotion?
Kuntoem Comforting Cotton Lotion ini merupakan salah satu produk dari kuotem yang memiliki fungsi barrier kulit serta mudah untuk menyerap di kulit bayi, sehingga ini menjadikannya kulit menjadi lembab, lembut, dan halus. Dibekali dengan formulasi tidak lengketnya cocok jika digunakan pada iklim tropis.

Tidak ada komentar